PANTAI PRIGI | TRENGGALEK | TRAVEL SURABAYA TRENGGALEK

Pantai Prigi

 
Pantai prigi adalah sebuah destinasi wisata yang ada di kota trenggalek terletak di desa tasik madu kecamatan watu limo, kabupaten trenggalek, jawa timur, sudah banyak yang mengenal pantai ini khususnya masyarakat kota trenggalek sendiri, berjarak sekitar 48 km dari pusat kota, dan dari kota surabaya berjarak sekitar 186 km, sangat terasa kealamiannya dari pantai ini karena pantai ini sangat di rawat untuk masalah kebersihan sampah baik dari sampah rumah tangga maupun sampah dedaunan dan sampah kayu.

Larung Sembonyo


Hari Nelayan
   masyarakat pesisir pantai prigi selalu mengadakan acara syukuran atau yang lebih di kenal dengan nama ( LARUNG SEMBONYO)  untuk mewujudkan rasa terima kasih kepada yang maha kuasa atas  hasil panen ikan yang melimpah dan agar di jauhkan dari bencana, di adakan pada hari minggu pon bulan selo pada penaggalan jawa, di hadiri oleh para pejabat dan bapak bupati kota trenggalek yang di wajibkan untuk hadir di acara yang sangat di nanti oleh masyarakat pesisir pantai prigi. berisikan sajen atau yang di namakan sesaji berupa, buah buahan, sayur sayauran, tumpeng atau nasi kuning, bunga dan kepala kerbau.  di larungkan di atas perahu ke laut lepas masyarakat sangat antusias menghadiri acara tersebut yang di adakan satu tahun sekali.

Pantai Pasir putih Prigi

 
 pantai prigi terkenal dengan panorama keindahan pesisir, airnya yang bersih dan  jernih  dengan ombaknya yang tenang, oleh karena itu pantai ini begitu sangat di minati oleh semua kalangan terutama kaum muda, wisatawan yang datang ke pantai ini kebanyakan dari luar kota, misalnya dari kota tulungagung, kediri, blitar dan pacitan, terlebih lagi masyarakat trenggalek sendiri, pada saat hari biasa pantai ini tidak begitu ramai oleh pengunjung, mungkin hanya ada beberapa pangunjung saja yang datang ke pantai ini, namun pada saat week end dan pantai ini mulai  di padatai oleh banyak wisatawan dari kota tulungagung dan kediri, terlebih lagi pada saat hari libur  sekolah dan hari raya
pantai ini sangat ramai di padati oleh banyak pengunjung.

   di pantai ini pengunjung dapat bermain main  pasir, berjalan jalan di tepian dan dapat juga berenang di pantai, tapi ada sebuah himabauan dari petugas pengelelola pantai ini yaitu agar tidak melewati garis pantai yang di tentukan, karena jika melewati garis tanda bahaya akan terbawa arus ombak yang secara tiba tiba datang, tapi jika sampai ada kejadian petugas penyelamatan dan tim sar akan segera bergerak untuk mengefakuasi.

Baca Juga : Wisata Pantai Blado

Mitos
  masyarakat pantai prigi sendiri  percaya adanya penguasa laut kidul yaitu nyi roro kidul, maka jika datang ke pantai ini tidak di sarankan memakai pakaian berwarna hijau karena nyi roro kidul menyukai warna benda yang berwarna hijau. jika ada yang melanggar maka secara tiba tiba pengunjung yang memakai pakaian hijau akan hilang secara sekejab, tapi semua tergantung kita percaya atau tidaknya, sekedar himbauan dari masyarakat pesisir pantai prigi.


Pelelangan ikan


Pusat Penjualan Ikan
  di tempat wisata ini terdapat pelelangan ikan yang bernama PPI (tempat pelelangan ikan) atau pelabuhan perikanan nusantara(PPN), di tempat inii kita dapat membeli dan memesan ikan ikan segar langsung dari laut, karena setiap nelayan menjual ikan hasil tangkapannya di tempat ini, di sini kita dapat menemukan berbagai macam ikan segar, seperti ikan tongkol, ikan pari, ikan sembilang, kepiting, udang, cumi cumi, dan masih banyak hasil laut yang di jual di tempat ini.

fasilitas.
selain kita dapat membeli ikan ikan segar. di sini juga di sediakan fasilitas pendukung.
seperti:

  • ·        Mushola
  • ·        Ruang Ganti
  • ·        K amar MANDI
  • ·        Warung makan dan kedai minuman
  • ·        Kios –kios penjualan asesori
  • ·        Penginapan
  • ·        Parkiran


Baca Juga : Wisata Pantai Popoh

Harga Tiket Masuk:
untuk dewasa: Rp.7000;
anak anak: Rp.3000;
untuk parkir sepeda motor: Rp.2000
parkir mobil: Rp.5000;
sewa naik perahu Rp.100.000/perahu atau Rp10.000/orang
harga tiket dan parkir dapat berubah seweaktu waktu tergantung hari yang di tentukan.

Demikian yang dapat admin berikan untuk informasi tentang Pantai Prigi yang ada di kabupaten Trenggalek. Silahkan anda untuk mengunjunginya jika berminat untuk menikmati pesona alam dari pantainya.

Baca Juga :
Transportasi Travel Surabaya Trenggalek


Daftar Kota Tujuan Disini

Posting Komentar untuk "PANTAI PRIGI | TRENGGALEK | TRAVEL SURABAYA TRENGGALEK"